Logo

Health Info

Pentingnya Kalium Selama Kehamilan

Pentingnya Kalium Selama Kehamilan

Setiap asupan nutrisi selama kehamilan mempunyai manfaat yang berbeda untuk pertumbuhan janin. Ibu hamil memerlukan asupan kalium yang cukup selama kehamilan.

Makanan yang mengandung Kalium juga penting bagi kehamilan. Kalium memainkan peran penting untuk menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh. Hal ini juga penting untuk pertumbuhan janin.

Mineral ini berperan dalam kontraksi otot, transmisi sinyal di saraf, dan lain-lain. Selain itu, kalium membantu menjaga tingkat tekanan darah yang optimal. Selama kehamilan, jumlah darah dalam tubuh meningkat, dan kalium diperlukan untuk menjaga keseimbangan kimia secara optimal. Kalium juga dapat mengurangi kram di kaki selama kehamilan.

Kebutuhan kalium bagi ibu hamil adalah 4.700 miligram per hari. Dan ibu menyusui memerlukan sekitar 5.000 miligram per hari. Salah satu tanda kadar Kalium yang rendah ialah diare atau muntah. Gejala lain yang menunjukkan kalium yang rendah dalam tubuh adalah kelelahan, sembelit, lemas, kram otot, depresi, mati rasa, dan kulit kering.

Rendahnya kalium dapat menyebabkan ibu hamil mengalami edema atau bengkak-bengkak selama 7-9 bulan kehamilan. Lebih baik berkonsultasi dengan dokter kandungan jika ibu hamil mengalami salah satu gejala di atas selama kehamilan. Biasanya dokter merekomendasikan makanan yang kaya mineral dan suplemen yang mengandung kalium.


Sumber : https://m.tempo.co/read/news/2016/11/21/332821904/pentingnya-kalium-selama-kehamilan
Deteksi 6 sinyal tubuh kurang kalium, di sini!
Kalium penting menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh dan mengatur fungsi jantung.
Anak-Anak Sampai Dewasa Rentan Meninggal Karena Kurang Kalium
Kekurangan kalium pada anak dan dewasa memang tidak bisa dianggap sepele.
5 Tanda Anda Kekurangan Kalium, Pernah Mengalaminya?
Seperti apa tanda-tanda yang diperlihatkan tubuh saat Anda kekurangan Kalium?
Taste before you season
Understand the package information