Health Info

Atur Asupan Natrium Secara Cermat

Atur Asupan Natrium Secara Cermat

JAKARTA, KOMPAS.com - Garam dapur sebagai salah satu sumber utama Natrium, selalu ada pada makanan yang kita santap. Tubuh memang butuh Natrium, tetapi bila berlebihan akan menjadi salah satu penyebab hipertensi.

Natrium atau Sodium merupakan salah satu mineral penting bagi tubuh. Kadar Natrium di dalam tubuh sekitar 2 persen dari total mineral. Tubuh orang dewasa sehat mengandung 256 gram senyawa Natrium klorida (NaCl) yang setara dengan 100 gram unsur Natrium. Kadar Natrium normal pada serum 310-340 mg/dL.

Kebutuhan tubuh akan Natrium telah banyak diteliti oleh ilmuwan yang bergerak di bidang gizi dan kesehatan. Kita memerlukan minimum 200-500 miligram Natrium setiap hari untuk menjaga kadar garam dalam darah tetap normal, yaitu 0,9 persen dari volume darah di dalam tubuh.

Kurangnya konsumsi Natrium dapat menyebabkan volume darah menurun yang membuat tekanan darah menurun, denyut jantung meningkat, pusing, kadang-kadang disertai kram otot, lemas, lelah, kehilangan selera makan, daya ingat menurun, daya tahan terhadap infeksi menurun, luka sukar sembuh, gangguan penglihatan, rambut tidak sehat dan terbelah ujungnya, serta terbentuknya bercak-bercak putih di kuku.

Walaupun Natrium memegang peran penting untuk kesehatan tubuh, konsumsi yang berlebih tetap harus dicegah karena dapat menimbulkan efek negatif. Banyaknya sumber natrium di alam menyebabkan kasus defisiensi Natrium sangat jarang terjadi. Sebaliknya, kasus kelebihan konsumsi yang justru sering menjadi masalah. Karena itu, kita perlu mencermati pola makan agar terhindar dari dampak negatif kelebihan Natrium.

Sumber Bahan pangan, baik nabati maupun hewani, merupakan sumber alami Natrium. Umumnya pangan hewani mengandung Natrium lebih banyak dibandingkan dengan nabati. Namun, sumber utamanya garam dapur (NaCl), soda kue (Natrium Bikarbonat), penyedap rasa Mono Sodium Glutamat (MSG), serta bahan-bahan pengawet yang digunakan pada pangan olahan, seperti Natrium Nitrit dan Natrium Benzoat.

Natrium juga mudah ditemukan dalam makanan sehari-hari, seperti pada kecap, makanan hasil laut, makanan siap saji (fast food), serta makanan ringan (snack). Umumnya makanan dalam keadaan mentah sudah mengandung 10 persen Natrium dan 90 persen ditambahkan selama proses pemasakan.

Dewasa ini fast food sering mendapat sorotan di beberapa negara maju dan berkembang sebagai salah satu penyebab hipertensi terbesar. Dengan alasan kepraktisan dan kelezatan, makanan seperti hamburger, piza, hot dog telah menjadi primadona di masyarakat saat ini, padahal makanan-makanan tersebut bukanlah makanan yang baik untuk kesehatan.

Selain kadar lemak tinggi, makanan tersebut juga mengandung kadar Natrium yang sangat tinggi, yaitu 2.275 mg per 100 gramnya.
Kebutuhan National Research Council of The National Academy of Sciences merekomendasikan konsumsi Natrium per hari sebanyak 1.100-3.300 mg. Jumlah tersebut setara dengan ½-1½ sendok teh garam dapur per hari. Untuk orang yang menderita hipertensi, konsumsi Natrium dianjurkan tidak lebih dari 2.300 mg perhari. Jumlah tersebut sama dengan 6 gram NaCl atau lebih kurang satu sendok teh garam dapur.

American Heart Association (AHA) merekomendasikan konsumsi Na bagi orang dewasa tidak lebih dari 2.400 mg/hari, yaitu setara dengan satu sendok teh garam dapur sehari. Menurut United States Department of Agriculture (USDA), rata-rata kebutuhan Natrium ibu hamil sekitar 2.400 mg dalam sehari, kira-kira setara dengan satu sendok teh.

Di beberapa negara, tingkat konsumsi Natrium cenderung sangat tinggi. Tingkat konsumsi Natrium di Amerika Serikat mencapai 4.000-5.000 mg/hari. Tingginya konsumsi Natrium di AS disebabkan tingginya konsumsi fast food, sehingga hipertensi merupakan pembunuh paling mematikan.

Di Jepang, konsumsi garam dapur sangat luar biasa, yaitu sekitar 25-35 gram/hari. Padahal, menurut ahli gizi, orang dewasa idealnya makan garam 6 gram sehari dan anak-anak hanya 3 gram garam per hari. Tingginya konsumsi garam di Jepang karena sebagian besar makanan berasal dari hewan laut, yang menyebabkan 84 persen pria dewasa di Jepang dipastikan menderita hipertensi. Di Indonesia, seiring dengan meningkatnya dominasi pola makan ala Barat, hipertensi kian menjadi masalah.

Dalam tubuh kita terdapat sistem otonom untuk mengatur keseimbangan kadar Natrium di dalam darah. Jika kadar Natrium terlalu tinggi, otak akan mengirimkan sinyal rasa haus dan mendorong kita untuk minum. Selain itu, jika sensor dalam pembuluh darah dan ginjal mengetahui adanya kenaikan tekanan darah dan sensor di jantung menemukan adanya peningkatan volume darah, ginjal dirangsang untuk mengeluarkan lebih banyak Natrium dan air kencing, sehingga mengurangi volume darah.

Jika kadar Natrium terlalu rendah, sensor dalam pembuluh darah dan ginjal akan mengetahui bila volume darah menurun dan memacu reaksi rantai yang berusaha untuk meningkatkan volume cairan dalam darah. Kelenjar adrenal akan mengeluarkan hormon aldosteron, sehingga ginjal menahan Natrium. Sementara itu, kelenjar hipofisa mengeluarkan hormon antidiuretik, sehingga ginjal menahan air.

Penahanan Natrium dan air menyebabkan berkurangnya pengeluaran air kencing, yang pada akhirnya akan meningkatkan volume darah dan tekanan darah kembali ke normal. Sensitivitas seseorang terhadap kadar Natrium dalam darah berbeda-beda. Umumnya, semakin bertambah usia seseorang, semakin bertambah tingkat sensitivitasnya.

Fungsi Mineral Natrium (Na) merupakan kation utama yang terdapat pada cairan ekstraselular, sedangkan Kalium (K) merupakan kation utama pada cairan intraselular. Dengan demikian, mineral Na dan K memegang peran penting dalam mengatur keseimbangan cairan tubuh. Jika kedua mineral tersebut tidak berimbang, air akan mengalir ke dalam atau ke luar sel untuk menjaga konsentrasi Na dan K agar tetap berimbang.

Unsur Natrium sangat penting untuk penyerapan glukosa di dalam ginjal dan usus, serta untuk pengangkutan zat-zat gizi lain melewati membran sel. Melalui asosiasinya dengan klorida (Cl) dan bikarbonat, Na terlibat dalam pengaturan keseimbangan asam-basa, sehingga cairan tubuh berada pada kisaran pH netral untuk mendukung metabolisme tubuh.

Sebagian besar Natrium diserap oleh usus halus dan hanya sedikit yang diserap oleh lambung. Dari usus, Natrium dialirkan oleh darah ke hati, kemudian ke ginjal untuk disaring dan dikembalikan ke darah dalam jumlah sesuai dengan kebutuhan tubuh. Regulasi metabolisme Natrium oleh ginjal dikontrol oleh aldosteron, yaitu hormon yang disekresikan oleh kelenjar adrenal. Apabila konsumsi Natrium rendah atau kebutuhan tubuh meningkat, kadar aldosteron akan meningkat dan ginjal lebih banyak menyerap kembali (reabsorpsi) Natrium. Hal sebaliknya terjadi jika konsumsi Natrium berlebihan.

Salah satu perannya yang paling esensial adalah untuk menjaga keseimbangan osmotik atau keseimbangan aliran cairan di dalam tubuh. Selain itu, Natrium juga mempunyai peran penting untuk merangsang saraf serta membantu sel-sel untuk metabolisme zat gizi esensial lainnya.

Bersama-sama dengan Kalium, Natrium juga mempunyai peran untuk menjaga fungsi dan kerja otot jantung, serta mencegah penyakit-penyakit berbahaya seperti gangguan saraf. Bagi ibu hamil, Natrium berperan meningkatkan kerja jantung, memompa darah agar dapat memenuhi kebutuhan sang ibu dan janin. @ Prof. DR. Made Astawan Dosen Departemen Teknologi Pangan dan Gizi IPB

Sumber :
http://health.kompas.com/read/2010/06/07/08364798/Atur.Asupan.Natrium.Secara.Cermat
Deteksi 6 sinyal tubuh kurang kalium, di sini!
Kalium penting menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh dan mengatur fungsi jantung.
Anak-Anak Sampai Dewasa Rentan Meninggal Karena Kurang Kalium
Kekurangan kalium pada anak dan dewasa memang tidak bisa dianggap sepele.
5 Tanda Anda Kekurangan Kalium, Pernah Mengalaminya?
Seperti apa tanda-tanda yang diperlihatkan tubuh saat Anda kekurangan Kalium?
Taste before you season
Understand the package information
log
PT. GLOBAL TRADELINK INDONESIA
SPRING HILL OFFICE TOWER- 10G Floor
Jl. Benyamin Sueb, Kemayoran - Jakarta Utara 14410
Phone: (021) 29371407. Email: marketing@low-diet.com
Facebook
Twitter
Instagram
google
© Copyright 2015 - www.Low-Diet.com .
Powered By Inti Karya Teknologi